PROGRAM PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT <=====> MAKMUR BERSAMA WONG CILIK MELALUI APBD UNTUK RAKYAT ===== HELPING TO PEOPLE TO HELP THEMSELF

Rabu, 25 September 2013

USAHA SESEK BAMBU PAK SANIDI

Aktivitas sehari-hari Pak Sanidi adalah bersama bambu-bambu yang ada di depan rumahnya. Mulai memotog, menyigar sampai mengayam. Aktivitas Pak Sanidi adalah usaha Sesek bambu; sebuah pekerjaan yang mungkin tampak aneh di jaman sekarang, karena pada jaman sekarang rata-rata pilihan msyarakat cenderung pada membuat dinding tembok. 

Namun bagi Pak Sanidi mempuyai sebuah keyakinan bahwa walaupun kebanyakan orang ingin membuat rumah tembok; namun pastinya masih banyak masyarakat yang masih butuh sesek guna membangun rumahnya. Jadi Pangsa pasar usaha Pak Sanidi adalah masyarakat kurang mampu, dimana masih identik dengan rumah dengan dinding sesek bambu. Lelaki berumur 60 Tahun dan kini sudah bercucu tiga ini dalam sehari rata-rata mampu membuat 2 buah sesek. Satu buah sesek di jual ke pasaran seharga Rp. 35.000,- dengan rata-rata biaya operasional yang harus di keluarkan sebesar Rp. 15.000,-. dalam melakukan kegiatan usahanya Pak Sanidi melakukanya sendiri. Profesi ini sudah di tekuni Pak sanidi 5 Tahun terakhir ini. 

Awalnya Pak Sanidi bekerja sebagai Kuli Bangunan; namun karena factor usia maka tenaga Pak Sanidi sudah tidak begitu kuat lagi untuk bekerja sebagai Kuli Bangunan sehingga Pak Sanidi memutuskan untuk membuat usaha kecil-kecilan guna mengisi waktu di sisa usianya. Kendala yang di hadapi Pak Sanidi adalah masalah modal untuk membeli bahan baku berupa Bambu lonjoran dan pengadaan alat kerja. Karena terkadang ketika harus “Kulakan” bambu, Pak Sanidi harus menunggu sesek-seseknya laku terjual. Rencananya melalui Program PPKM, Pak Sanidi berharap banyak dapat memperoleh modal usaha guna mengembangkan usahanya. Karena Program PPKM melalui UPKu mungkin satu-satunya lembaga keuangan yang layak dan mampu di akses oleh usaha kecil. Pak Sanidi berharap bahwa nantinya PPKM akan selalu ada di tengah-tengah masyarakat. Semoga….

0 komentar:

Posting Komentar