PROGRAM PENINGKATAN KEBERDAYAAN MASYARAKAT <=====> MAKMUR BERSAMA WONG CILIK MELALUI APBD UNTUK RAKYAT ===== HELPING TO PEOPLE TO HELP THEMSELF

Rabu, 25 September 2013

BANTUAN JAMBAN : ANUGRAH BAGI MBAH JAKIRAH


Semua orang pasti memimpikan mendapatkan kehidupan yang layak baik di masa kecil, masa muda maupun masa tua. Namun tidak semua orang merasakan nikmat kecukupan tersebut dan terkadang harus merasakan pahitnya hidup berada dalam garis kemiskinan. Bagi Rumah tangga Miskin mungkin duka nestapa dalam keseharian sudah merupakan bagian menu sehari-hari dan beranggapan bahwa memang sudah di takdirkan menjadi orang miskin.

Mbah Jakirah adalah wanita tua renta yang kini sudah berusia 80 Tahun merupakan salah satu warga Desa Tunggulrejo yang masuk dalam data PPLS 2008. Mbah Jakirah hidup seorang diri mendiami rumahnya; putra-putrinya sudah berkeluarga dan mencari kehidupan sendiri bersama rumah tangganya. Berdasarkan keterangan dari tetangga sebelah. Alasan mbah Jakirah harus hidup sendiri di sisa usianya karena rata-rata putra-putrinya kondisinya juga masih kekurangan dalam mencukupi kebutuhan keluarganya, sehingga mbah Jakirah tidak mau menjadi beban bagi putra-putrinya. Mbah Jakirah mmegang Prinsip selama masih bisa berusaha sendiri maka mbah jakirah akan tetap hidup mandiri sampai tutup usia. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mbah Jakirah jualan jajanan ringan di rumahnya yang hasilnya tak cukup untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Untungnya terkadang walau tidak rutin, putra-putrinya masih bersedia membantu memberikan bantuan keuangan ala kadarnya guna menunjang hidup mbah Jakirah. Dalam kondisinya yang sudah tua renta ada satu hal yang membuat mbah Jakirah merasa menderita dalam menjalani hidup; yaitu ketika harus membuang air besar, mbah Jakirah harus berjalan turun ke sungai dengan jalanan yang susah bagi orang seusia mbah Jakirah. Belum kalau buang hajat/air besar itu pada malam hari tentu tidak bisa dibayangkan derita mbah Jakirah. Harapan terbesar beliau adalah bagaimana mempunyai sebuah Jamban sendiri yang mana itu merupakan kebutuhan penting bagi dirinya karena keterbatasan fisik yang mulai lemah. Ucapan syukur kepada Allah SWT tak henti-hentinya terucap oleh mbah Jakirah, waktu di beritahu bahwa dirinya merupakan calon penerima bantuan Jamban dari Program PPKM Provinsi Jatim tahun 2011. Mbah Jakirah juga berharap bahwa orang-orang kecil selalu di openi oleh pemerintah biar bisa hidup secara layak. Tentu bagi mbah Jakirah; bantuan jamban adalah anugrah..

0 komentar:

Posting Komentar